Potolotepo, Papua Barat | Kepala Staf Komando Armada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah beserta sejumlah prajurit Koarmada III menghadiri ziarah terpimpin dalam rangka memeringati Hari Ulang Tahun ke-75 TNI di Taman Makam Pahlawan Tri Jaya Sakti Kel. Remu Utara, Distrik Sorong Kota, Kota Sorong, Prov. Papua Barat, Jumat (02/10/2020).

Ziarah tersebut dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat termasuk pembatasan jumlah prajurit yang mengikuti ziarah ini.

Ziarah diawali upacara militer dengan Inspektur Upacara Komandan Lantamal XIV Sorong, Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E. Setelah penghormatan kepada arwah para Pahlawan dilanjutkan peletakan karangan bunga, doa bersama, dan tabur bunga di pusara makam para Pahlawan.

See also  Luar Biasa Dukungan Masyarakat Terhadap TMMD ke-109 Kodim 0910/Malinau

Para prajurit TNI melaksanakan ziarah terpimpin ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada para Pahlawan yang rutin dilakukan pada peringatan HUT TNI setiap tahun. Selain itu juga untuk mengenang jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah gugur pada saat berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia tercinta.

Pada ziarah terpimpin ini juga hadir Komandan Pasmar 3 Sorong Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi bersama beberapa pejabat TNI lainnya. Pasukan upacara terdiri dari berbagai kesatuan, diantaranya Korem 181/PVT, Pasmar 3, Lantamal XIV Sorong, Kodim 1802/Sorong, dan Yonzipur 20/PPA. (Ezl)

Sumber : Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.