30 C
Makassar
Sunday, March 3, 2024

Bawaslu Kota Palu Tepis Isu Kecurangan Rekap Suara Pilek

Potolotepo, Palu | Komisi Pemilihan Umum (KPU)...

Ruslan Kembali Membongkar Dugaan Pungli Berkedok IURAN Pada MAN 3 Makassar

Potolotepo, Makassar | Dugaan Pungutan Liar (Pungli)...

OPP Internasional ANFREL Silaturahim ke LPP Lsm Perak

Potolotepo, Makassar | Organisasi Pengawas Pemilu Internasional...

Dinamika Sosial di Lingkungan Pendidikan Tempat Tinggal

Fast NewsStyleDinamika Sosial di Lingkungan Pendidikan Tempat Tinggal

Potolotepo, Parepare | Dinamika sosial di lingkungan tempat tinggal saya merupakan dinamika sosial yang cukup baik dalam dunia pendidikan. Mengapa mereka mengatakan itu? Karena peran keluarga, sekolah dan masyarakat dalam lingkungan pendidikan merupakan penggerak terpenting yang mengendalikan dinamika pendidikan itu sendiri. Manusia selama hidupnya selalu akan mendapatkan pengaruh dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Tiga lingkungan yang memengaruhi orang dengan cara berbeda disebut pusat pendidikan. Perkembangan masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, serta menguatnya era globalisasi saat ini mempengaruhi peran dan fungsi ketiga lingkungan pendidikan tersebut.

Rancangan lingkungan pendidikan tempat tinggal saya dapat dikembangkan secara efektif dan efisien. Di lingkungan pendidikan tempat saya tinggal, masyarakat berperan penting sebagai penggerak dinamika pendidikan, misalnya melalui keberadaan lembaga informal yang bersumber dari lingkungan pendidikan keluarga. Sebagian besar penduduk di kawasan perumahan adalah orang-orang berpendidikan. Lingkungan pendidikan masyarakat adalah wilayah kelompok sosial yang dapat membentuk sifat perkembangan individu dari lingkungannya. Namun, hanya sedikit orang yang tidak berpendidikan.

See also  Panwascam Panakkukang Himbau Peserta Pemilu Patuhi Peraturan Pemasangan Alat Peraga Kampanye

Ada sekolah formal di daerah saya. Dimana sekolah formal merupakan jalur yang terstruktur dan berjenjang. Beberapa orang yang tidak berpendidikan sebenarnya menerapkan dinamika sosial, dan mereka melakukannya di dalam keluarga mereka. Karena keluarga merupakan lingkungan yang menjadi tempat pembentukan kepribadian manusia yang di dalamnya terkandung nilai-nilai agama, kemanusiaan, kebangsaan dan keadilan. Dan keluarga juga memiliki fungsi biologis yang dapat memelihara keturunan, fungsi sosial yang dapat membentuk lingkungan melalui interaksi yang saling mempengaruhi dan dapat dipengaruhi, fungsi afektif yang melibatkan perasaan keterikatan dan rasa memiliki untuk berhubungan. Keluarga, fungsi ekonomi mengacu pada tingkat pendidikan dan penghidupan, fungsi pendidikan keluarga sebagai bentuk kepribadian, fungsi agama terkait dengan nilai-nilai agama untuk mencapai kesejahteraan manusia di dunia, dan selanjutnya, fungsi waktu luang mengacu pada kegiatan yang diterapkan di luar lingkungan rumah untuk menciptakan keharmonisan.

See also  Juherdin Anak Nelayan Asal Selayar Peraih 2 Emas Cabang Dayung Bercita cita Jadi TNI

Dinamika sosial pendidikan yang baik pertama-tama muncul dari lingkungan pendidikan keluarga, yang sebagai pembentuk kepribadian menjadi bagian pertama dan terpenting, kemudian berlanjut di lingkungan pendidikan sekolah sebagai penopang nilai-nilai kesempurnaan dan berlanjut sebagai pembinaan masyarakat. lingkungan sebagai penguatan yang dapat mewujudkan perkembangan yang dinamis. Di lingkungan saya, dinamika pendidikan ini terjadi, karena ketika mereka lulus sekolah, anak-anaknya dididik dan dilatih, kemudian disekolahkan, sehingga mereka memiliki pengetahuan yang lebih luas dan dapat berhubungan baik dengan masyarakat dan budaya. (**)

 

Penulis:

Nama : MELIANAH

NIM : 2020203886208059

Kelas : PAI6B

Prodi : Pendidikan Agama Islam

Fakultas : Tarbiyah

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles