Potolotepo, Kalimantan Utara | Dandim 0910/Malinau Letkol Inf Sofwan Nizar S.Sos. M. Han menjadi salah satu nara sumber dalam kegiatan dialog interaktif lintas agama yang diselenggarakan FKUB Kabupaten Malinau, bertempat di Ruang Laga Feratu Lantai 3 Kantor Bupati Malinau, Kalimantan Utara, Kamis ( 05/11/2020).

Dialog interaktif lintas agama yang diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Malinau dinilai memiliki arti penting dan strategis, ini karena bangsa Indonesia tengah mengalami pendemi Covid-19 dan juga sebentar lagi menggelar pilkada serentak yang dapat mengganggu persatuan dan kerukunan antara umat beragama.

“Kegiatan dialog lintas agama ini sangat bermanfaat untuk dijadikan momentum dalam berdialog, bertukar pikiran dan mencari solusi dalam upaya membangun kehidupan dan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Malinau yang lebih baik,” ucap Plt Bupati Malinau Dr. Topan Amrullah.

See also  Jaga Stamina, Anggota dan PNS Kodim 0910/Malinau Main Bola Volly

Dalam dialog lintas agama dengan tema, ” Optimalisasi peran FKUB dalam peguatan kerukunan umat beragama kabupaten malinau”, ini dihadiri oleh Plt Bupati Malinau Dr. Topan Amrullah, Sekda Kabupaten Malinau Drs Ernes Silvanus, Kepala Pengadilan Negeri Malinau, Kapolres Malinau yang di wakili oleh kasat Intel Akp. B Simanjuntak , para tokoh agama Kabupaten Malinau, tokoh pemuda, dan Tokoh Adat.

Dandim 0910/Malinau Letkol Inf Sofwan Nizar S.Sos., M.Han menyampaikan, kerukunan antar umat beragama adalah kebersamaan dan toleransi antar umat, saling pengertian dan saling menghormati dalam pengamalan ajaran agama serta kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat.

“Jadi kerukunan itu menjadi prasyarat bagi terwujudnya integrasi nasional dan integrasi itu menjadi prasyarat bagi keberhasilan pembangunan nasional.”

See also  Dansatgas Pelayaran Bima Suci Perintahkan Perawatan KRI Bima Suci

Dandim 0910/Malinau juga mengimbau, disamping upaya-upaya tersebut perlu dilakukan upaya pencegahan konflik melalui peningkatan dialog antar umat beragama dengan melibatkan tokoh-tokoh agama bersama FKUB Kabupaten Malinau, pada khususnya dalam mengantisipasi terhadap potensi konflik dan ketegangan sehingga potensi itu tidak berkembang menjadi konflik nyata dan kekerasan, papar Dandim. (Ezl)

Sumber : Pendim 0910